2/18/2010

Perkembangan Teknologi Game

Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan game, dimana perubahannya akhir-akhir ini makin pesat berkembang. Pada sekitar tahun 80-an, sebenarnya sudah ada persaingan ketat antar perusahaan game dalam memasarkan produknya. Game yang populer dengan nama video game ini hanya bisa dimainkan oleh satu atau dua orang saja pada sebuah console. Pesawat televisi dibutuhkan sebagai media tampilan. Jenis game-nya juga masih sangat sederhana dengan grafik yang sangat kasar. Tampilannya mirip seperti game dari bahasa pemrograman Java, yang bisa dimainkan di handphone sekarang ini. Perusahaan game yang terkenal pada saat itu adalah SEGA dan Nintendo.

SEGA mengeluarkan beberapa versi console game-nya. Mulai dari SEGA-Vision, SEGA Mega Drive, SEGA Saturn hingga yang paling sempurna, yaitu SEGA Dreamcast. Sedangkan Nintendo terkenal dengan console NES-nya (Nintendo Entertainment System). Adapun beberapa versi Nintendo, yaitu Nintendo DS, Nintendo 64, Game boy, Nintendo GameCube dan Nintendo Wii. Masing-masing perusahaan game itu (SEGA dan Nintendo) mempunyai maskot dalam game-nya. SEGA dengan Sonic the Hedgehog dan Nintendo dengan Super Mario.

Video game atau console game ini adalah sebuah bentuk dari multimedia interaktif yang digunakan untuk saran hiburan. Game ini dimainkan dengan sebuah alat yang bisa digenggam oleh tangan dan tersambung ke sebuah console game. Alat yang digenggam tangan tadi dikenal dengan nama joystick. Isinya adalah beberapa tombol-tombol sebagai kontrol arah maju, mundur, kiri dan kanan, dimana fungsinya adalah untuk berinteraksi dan mengendalikan gambar-gambar di layar TV. Game ini biasanya dimainkan dengan memasukkan sebuah keping CD yang bisa diganti-ganti atau cartridge yang harus dimasukkan ke dalam console game.

Video game dengan console kini juga sudah berkembang pesat. Saat ini, console game yang sedang dominan adalah X-Box dari Microsoft dan PlayStation keluaran Sony. PlayStation (PS) telah sukses dengan PSP-nya yang portable dan PS3 yang tampilan dan akselerasinya tidak dapat diragukan lagi. Selain itu, PlayStation dan X-Box pun tampil sebagai sebuah console yang sudah bisa dimainkan secara online.

Selain dari console, game juga bisa dijalankan dari personal computer (PC). Gambar grafik yang ditampilkan di PC game lebih hidup dan tajam, tergantung dari pemakaian display adapter card atau video card yang digunakan pada mainboard komputer. Semakin besar kapasitas memori video card-nya, maka semakin halus pula resolusi dan akselerasi game-nya.

--------------------------------------------------------------------------


Artikel lainnya :

1 komentar: