4/18/2010

Website & Blog Dengan Desain Yang Buruk

Website dan blog merupakan salah satu media yang bisa kita gunakan untuk berbagai macam keperluan, misalnya untuk mempromosikan tempat atau barang, atau bisa juga dengan memberikan informasi. Agar pengunjung tertarik kepada website atau blog yang kita buat, kita harus memperhatikan desain tampilannya. Website dan blog dengan tampilan desain yang baik akan membuat pengunjung nyaman dan betah berlama-lama untuk membaca atau melihat-lihat artikel yang kita buat. Sebaliknya, website dan blog dengan tampilan desain yang buruk akan membuat pengunjung merasa risih dan tidak nyaman sehingga otomatis mereka memilih untuk membuka website atau blog yang lain. Pastinya sebelum pengunjung membuka website ataupun blog yang lain, mereka akan menutup website atau blog itu dan berkata "Parah !!!" hehe. Untuk itu, kita perlu tahu apa yang perlu kita hindari dalam merancang sebuah website ataupun blog, terutama dalam desainnya.

Saya akan mencoba mengulas sedikit apa yang kita perlu hindari dalam mendesain sebuah website. Sumber yang saya ambil yaitu http://www.stevenlim.net/.  Saya membuat artikel ini bukan untuk menghina website yang bersangkutan, tetapi lebih mengarah untuk menjadikan pelajaran supaya website atau blog yang kita buat disukai oleh pengunjung.

Berikut tampilan halaman mukanya :
stevenlim.net


stevenlim.net adalah salah satu website pribadi yang bisa dibilang desainnya yang buruk. Mengapa desainnya buruk? Website ini mempunyai animasi background yang kurang menarik, perpaduan warna yang kurang cocok, hingga tidak jelasnya pembagian antara header, sidebar, content dan footer. Selain itu, untuk mengakses website ini, dibutuhkan waktu yang lama (loadingnya lama) karena disini terdapat banyak sekali gambar-gambar maupun video yang menurut saya tidak jelas apa maksudnya (hehe). Dan yang terakhir yaitu terlalu banyaknya fokus tema dalam halaman ini.

Mungkin itu beberapa gambaran salah satu website dengan desain yang buruk. Sekali lagi saya tekankan, saya membuat pembahasan ini bukan untuk menghina website yang bersangkutan, tetapi hanya kritik yang memotivasi untuk mendesain website maupun blog agar lebih menarik, terutama untuk pengunjung website atau blog kita. Saya juga sadar, blog saya pun desainnya cukup buruk hehe. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar