10/12/2010

Pengantar Bisnis Informatika

Saat ini, internet bukan lagi sebagai ajang jejaring sosial saja. Kini banyak pelaku usaha yang meraup untung besar dengan mendirikan toko online di internet. Kita lihat salah satu contoh nyatanya, seperti member kaskus yang sukses dalam sistem jual-beli online (FJB).

Beberapa tahun terakhir ini, bisnis online semakin marak. Marak dalam artian, semakin banyaknya faktor-faktor pendukung seperti adanya situs-situs jejaring sosial (seperti twitter, facebook, myspace, dll), forum-forum tanya jawab (seperti pada yahoo ! dan indowebster), serta komunitas-komunitas dunia maya lainnya.

Disini, terdapat point-point penting cara jitu untuk bisa sukses dalam bisnis online. Berikut point-pointnya :
  • Rancang Bisnis dengan Cermat.
    Rancang rencana bisnis online anda dengan cermat. Pertimbangkan segala aspek seperti target pasar, kemampuan pesaing, sumber daya, resikonya, serta perkembangan bisnis yang ingin anda jalankan. Bagaimana cara untuk membangun loyalitas konsumen atau menjalin kemitraan yang strategis? Cara yang paling tepat, yaitu anda langsung saja cari referensi yang memadai. Misalnya anda bisa belajar dari situs bisnis di internet atau pun bisa juga belajar dari buku yang mendukung. 
    • Temukan Sasaran Pasar Spesifik
      Bisa jadi, ide bisnis online anda brilian. Namun, itu tidak ada artinya jika tidak ada sasaran pasar yang spesifik. Temukan celah pasar yang belum digarap pesaing. Jika anda langsung bertarung dengan pemain (pesaing) yang sudah besar dan terkenal, pastikan bisnis anda memiliki diferensiasi yang menarik konsumen. 
      • Cari Sumber Keuangan.
        Rencanakan dari mana anda akan mendapat modal sebagai sumber dana bisnis online. Pinjaman bank bisa jadi pilihan yang baik (bukan terbaik loh). Jangan lupa juga untuk membuat administrasi keuangan yang rapi, sehingga arus keluar masuk dana tampak jelas.
        • Buat Situs yang Handal.
          Anda memang bisa memanfaatkan blog yang gratis untuk memulai bisnis. Namun jika berniat serius, belilah domain dan sewa perancang situs yang handal. Pastikan situs anda tidak rumit agar memudahkan pengakses untuk melihat info yang selalu update. Selain itu, jika anda dapat membuat situs yang handal, itu tentu akan menarik sejumlah perusahaan (baik individu maupun berkelompok) untuk memasang iklan pada situs yang telah kita buat. 
          • Promosi yang Jitu.
            Salah satu aspek terpenting dalam bisnis online adalah promosi yang jitu. Bisa dicoba bermacam-macam metode, misalnya via Google AdWords. Google AdWords merupakan suatu jasa pengiklanan yang hanya membayar sesuai dengan jumlah pengakses situsnya. Manfaatkan pula e-mail atau situs jejaring untuk mempromosikan bisnis anda pada banyak orang. 
            • Permudah Transaksi Konsumen.
              Konsumen harus dimudahkan dalam melakukan transaksi dari pemesanan di situs anda. Berikan pula tingkat keamanan situs yang memadai, sehingga konsumen percaya detail identitas mereka tidak bocor. Tanpa transaksi dari konsumen, bisnis anda bisa langsung ambruk. 
              • Motivasi untuk Terus Maju
                Selalu butuh waktu agar bisnis internet berkembang. Sebagai pebisnis online, anda perlu energi, antusias, determinasi, dan gairah (yang positif ya) untuk maju. Perlu disadari bahwa sukses besar di bisnis internet cukup langka. Namun arti takaran sukses itu berbeda-beda menurut kebanyakan orang. Kita juga perlu untuk melihat hal-hal yang sederhana dari berbagai sudut. Intinya, anda tidak perlu berkecil hati bila bisnis online yang anda kerjakan tidak berjalan dengan mulus. Yang penting anda punya motivasi untuk terus maju.
              Mungkin itu saja point-point yang terpenting jika anda ingin bisnis secara online. Thanks

              Tidak ada komentar:

              Posting Komentar