12/12/2010

Pengusaha Online Sukses

Pernahkan dalam benak dari diri anda untuk menjadi pengusaha online? Sukses atau tidaknya, kita tidak dapat menilai apabila kita tidak mencobanya. Jujur, saya juga tertarik untuk menjadi pengusaha online. Tetapi tidak tertarik sepenuhnya 100% loh. Mungkin hanya 20% nya saja hehe :D. Memang benar sih, usaha secara online sangat menjanjikan. Dimana letak menjanjikannya? Coba lihat deh, pengguna internet semakin lama semakin bertambah. Dengan pengguna yang semakin bertambah (banyak), tentu itu hal sangat menjanjikan bukan?. Tetapi dari situ juga kita dapat menyimpulkan, makin bertambah pula yang ingin memanfaatkan internet sebagai peluang usaha. Bersaing dengan ratusan juta (mungkin lebih) dari seluruh dunia? Pasti berat bukan. Tidak cukup hanya dengan faktor skill (pengetahuan, etc) saja menurut saya, tetapi faktor luck (keberuntungan) juga diperlukan. Untuk faktor keberuntungan anda, silahkan lihat sendiri weton pada primbon (mulai ngaco). Nah, disini saya akan mencoba untuk menceritakan salah satu orang yang sukses dalam usaha online-nya. Untuk apa? Ya untuk motivasi pada diri anda lah. Masa dia bisa, kita ga bisa. Bener ga? Ok, langsung aja. Berangkat . . . !

Ada yang tau Blake Aaron Ross? Dari namanya saja kita sudah bisa menilai, ini pasti bukan blasteran Jawa-Sunda. Yo, Blake Aaron Ross atau yang dikenal dengan Blake Ross saja merupakan seorang pengembang perangkat lunak (software) di Amerika yang dikenal dengan karyanya pada web browser Mozilla Firefox. Anda pasti sudah tau kan, web browser Mozilla ini merupakan salah satu web browser yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Jujur, dari sekian banyak web browser yang saya coba, Mozilla ini yang menjadi pilihan utama saya. Karena stabil-nya mungkin, dan security (keamanan) pastinya. Siapa sangka, ketika Firefox dirilis pada tahun 2004, dia baru berusia 19 tahun ! Wow. So young, right? Kalau dilihat dari umurnya, dia hanya 4 tahun di atas saya. Dia lahir pada 12 Juni 1985 (ga penting). Dalam perjalanan hidupnya, sudah banyak penghargaan untuk dirinya. Mulai dari Wired magazine's top Rave Award, Renegade of the Year, opposite Larry Page, Sergey Brin dan Jon Stewart. Dia juga masuk ke dalam daftar orang yang sedang banyak diperbincangkan atau naik daun (hot-list) di Rolling Stone magazine pada tahun 2005.

Berikut biografinya secara detail. Blake Ross lahir di Miami, Florida. Dia bisa membuat web pertamanya di usia 10 tahun. Tidak dijelaskan web apa itu. Tapi cukup membuktikan, di usia 10 tahun saja dia sudah bisa membuat web. Pasti jenius, bukan begitu? Ia mulai pemrograman ketika masih di sekolah menengah dan memulai kontribusinya pada Netscape. Setelah lulus di sekolah menengah pertamanya, ia melanjutkan ke sekolah tinggi Gulliver Preparatory School. Selagi ia menimba ilmu disana, ia juga magang di Netscape Communications Corporation. Ia lulus pada tahun 2003. Selanjutnya, ia kuliah di Stanford University. Saat kuliah, ia lebih banyak cuti untuk fokus pada perkerjaannya. Blake Ross saat ini tinggal di dekat Mountain View, California.

Ya kira-kira itulah tentang Blake Ross, pengusaha yang sukses lewat Mozilla Firefoxnya. Untuk tambahan, dia juga direktur produksi di Facebook, salah satu social network terbesar di dunia. Menakjubkan bukan? Sekian dulu dan terima kasih. Share the one world now !

1 komentar:

  1. saya sdh lama memulai bisnis online, bermacam BO sy ikuti dan alhamdulillah jg sdh menuai hasilnya. tp tidak jarang jg sy mengalami kerugian. intinya jk trjun di bidang online kita hrs tetap waspada.

    BalasHapus