3/15/2010

Definition Of Java

Sebelum saya membahas lebih jauh tentang Java, ada baiknya kita mengerti, sebenarnya apa itu Java? Java adalah salah satu bahasa pemrograman (programming language) yang dapat dijalankan di berbagai PC (Personal Computer) dan juga di handphone (telepon genggam). Java dikembangkan oleh Sun Microsystems dan dikeluarkan pada tahun 1995. Secara garis besar, bahasa pemrograman Java dikelompokan menjadi 3, yaitu Java 2 Standar Edition (J2SE), Java 2 Enterprise Edition (J2EE) dan Java 2 Micro Edition (J2ME). J2SE digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi desktop dan applet. J2EE digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis client/server berskala enterprise. Dan J2ME diaplikasikan pada berbagai perangkat kecil dengan jumlah memori, kapasitas penyimpan dan user interface terbatas, seperti ponsel dan PDA. Ya kira-kira mungkin ini sudah cukup untuk menjawab, apa itu Java? Oh iya satu lagi, Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript, karena JavaScript merupakan bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.

Kelebihan Java :
  • Multiplatform
Artinya, dapat dijalankan di beberapa sistem operasi (OS) komputer. Sistem operasi yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris.
  • OOP (Object Oriented Programming)
Java merupakan bahasa pemrograman yang berbasis object. Yang artinya, semua aspek yang terdapat di Java adalah object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir.
  • Library Yang Lengkap
Java terkenal dengan kelengkapan library (kumpulan program-program yang disertakan dalam pemrograman Java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.
  • Bergaya C++
Java memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ umtuk pindah ke Java. Saat ini, pengguna Java sangat banyak. Sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java.

Kekurangan Java :
  • Tulis sekali, perbaiki dimana saja
Dalam artian, masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform yang satu dengan yang lainnya. Untuk J2SE misalnya. SWT-AWT bridge sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
  • Mudah didekompilasi
Dekompilasi adalah proses membalikan dari kode yang sudah jadi menjadi source code (kode sumber). Dengan demikian, algoritma yang digunakan program, sulit untuk disembunyikan dan akan mudah dibajak.
  • Penggunaan memori yang banyak
Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya, seperti C/C++ dan Pascal. Ini tentu akan menjadi masalah bagi mereka yang masih memakai mesin komputer yang berumur lebih dari 4 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar