10/27/2010

Bisnis Informatika - Selling Clothes by Online

Mungkin untuk membuat suatu usaha sangat terbuka lebar, khusus yang mempunyai kemampuan dan bakat dalam bidang design graphic (desain grafis). Karena desain grafis dapat diterapkan dalam media elektronika dan statis. Untuk media elektronika, sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Nah kalau dalam media statis, kita dapat menumpahkan desain yang telah dibuat dalam perantara media statis (seperti baju, banner, brosur, buku, majalah, poster, dll). Nah dalam posting kali ini, saya akan mencoba untuk menjabarkan satu per satu, apa saja sih yang diperlukan untuk dapat memulai bisnis menjual baju (media statis - dipersempit) secara online sebagai pemanfaatan maksimal dalam bidang desain grafis.

Sebenernya dalam bisnis baju, anda dapat membuat suatu clothing, distro, atau outlet. Nah dalam membuat itu, diperlukan suatu tempat untuk menawarkan baju-baju yang kita buat maupun baju titipan dari distributor yang lainnya. Sewa tempat ga murah pastinya. Beruntung kalau tempat sudah ada, jadi tinggal mikirin yang lainnya aja. Tapi kalau mulai dari nol (nol banget yah), tempat mungkin jadi kendala nomor satu dan itu merupakan momen yang paling menyiksa layaknya si doi yang udah punya gandengan baru (galau.com) hahaha.

Tapi itu semua bisa dihindari apabila anda bisnis secara online. Anda tidak perlu yang namanya tempat untuk menawarkan suatu produk anda (kalau punya sih lebih bagus). Yang anda perlukan yaitu mencari distributor baju dengan harga murah tapi berkualitas, mencari tempat untuk mencetak baju dengan desain anda, dan website. Untuk masalah website, mungkin diperlukan mungkin pun tidak. Kalau tidak ada website, anda cukup join ke forum-forum jual beli untuk menawarkan produk anda (seperti kaskus). Tapi menurut saya, website itu diperlukan. Karena itu juga bisa jadi point plus di mata konsumen kalau kita tuh serius dalam menjual belikan suatu produk. Nah itu dulu reviewnya. Berikut point-point yang diperlukan secara ringkas :

  • Yang Diperlukan
  •  
    Untuk menjual baju secara online, yang diperlukan sih ga terlalu banyak. Berikut rincian apabila bisnis online secara minimalis :
    • Pengetahuan dalam bidang desain grafis. Bisa autodidak, bisa kursus. Autodidak dianjurkan (inget, minimalis ! :D ),
    • Oh iya, pengetahuan aja ga cukup. Diperlukan pc dengan spec yang lumayan tinggi agar desain yang anda buat lebih di-support. Masa iya, pengen desain di rental?
    • Mencari tempat distributor kaos polos, yang murah (kembali ke no. 1, minimalis),
    • Mencari tempat untuk mencetak baju (liat point no. 1 dan 3),
    • Buat rekening (untuk pembayaran konsumen yang diluar jangkauan kita, maksudnya luar kota),
    • Membuat web yang menawarkan produk anda (sangat dianjurkan),
    • Aktif dan selalu up to date dalam web anda ataupun forum jual beli yang anda ikuti, dan
    • Rajin berdoa aja, mudah-mudahan sukses. AMIN.

  • Pemilihan Tempat
  •  
    Seperti yang sudah saya singgung di atas. Tempat sebenarnya kurang begitu penting untuk bisnis secara online. Kalau ada syukur, kalau ga ada ya senyum aja deh kita mah :). Karena dengan bisnis online, kita cukup upload gambar baju yang ingin kita tawarkan ke website atau ke forum jual beli yang kita ikuti. Nah tinggal kita nunggu respon deh dari para konsumen (tapi kita harus menawarkan produk kita dulu ya, kalau sama-sama nunggu kapan majunya? -_-" )

  • Promosi
  •  
    Untuk bagian promosi, jangan disepelekan. Usaha kita bagus karena ada promosi yang bagus juga. Untuk promosi, kita dapat memaksimalkan situs jejaring sosial (seperti Facebook atau Twitter). Ini cara yang paling simple tapi juga paling top. Percaya deh. Kalau ga kebukti, iris kuping saya (jangan iris beneran tapi).



Mungkin itu saja point-point yang penting dari point yang terpenting. Anda juga harus bekerja extra keras kalau ingin bisnis online yang anda jalankan berjalan dengan lancar. Mengapa saya membahas tentang bisnis online? Karena bisnis secara online tuh salah satu dari bisnis yang paling menjanjikan pada saat ini dan seterusnya. Karena penggunaan internet yang semakin lama usernya semakin bertambah. Tentu hal yang menjanjikan bukan? Sekian dan terima kasih. Share the one world now !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar