3/07/2010

Review Call Of Duty : Modern Warfare 2


CALL OF DUTY : MODERN WARFARE 2


Published by: Activision
Developed by: Infinity Ward
Genre: First-Person Shooter
Release Date:
US: November 10, 2009
Japan: TBA 2009
Europe: November 10, 2009
Australia: November 10, 2009

Call Of Duty (COD) : Modern Warfare 2 adalah salah satu game First Person Shooter terbesar yang dikembangkan oleh Infinity Ward dan diterbitkan oleh Activision untuk Microsoft Windows, Playstation 3 dan Xbox 360. COD : Modern Warfare 2 merupakan kelanjutan dari Call Of Duty 4 : Modern Warfare.

Gameplay

Modern Warfare 2 bersetting 5 tahun setelah akhir cerita Call Of Duty 4 melalui perjuangan dari Marines dan SAS. Peperangan kini kembali melanjutkan perlawanan terhadap ancaman Ultranasionalis Rusia yang kali ini datang lewat kepemimpinan Vladimir Makarov.Ultranasionalis merebut kekuasaan Rusia dan menyatakan Zakhaev adalah seorang pahlawan dan martir. Sementara itu, Vladimir Makarov, salah satu mantan letnan Zakhaev, memulai teror terhadap Eropa dengan melakukan sejumlah serangan.

Permainan dimulai di Afghanistan, di mana US Army Ranger Pvt. Joseph Allen membantu mengambil kota Afghanistan dari pasukan militan. Jenderal Sheperd merekrut Allen sebagai agen CIA dan menempatkan dia di organisasi Makarov sebagai agen rahasia yang menyamar sebagai Alexai. Sementara itu, Soap dan Roach menyusup ke Pangkalan Udara Rusia. Pada awal permainan anda akan menaiki mobil dan mengendalikan turret, setelah para prajurit bersorak atas pengeboman di area musuh yang menghalangi perjalanan. Namun para musuh cukup pintar dengan bersembunyi dibalik kerumunan rakyat sipil, sehingga mengharuskan kita untuk tidak gegabah dalam melakuan serangan.

Selama Single Player, anda akan memainkan beberapa karakter yang menitikberatkan pada peranan Sgt. Gary "Roach" Sanderson, seorang anggota elit, satuan komando multinasional yang dikenal sebagai Satuan Tugas 141 dan Pvt. James Ramirez anggota kesatuan 1st Battalion 75th Ranger yang ditempatkan di Amerika Serikat, sebagai karakter pemain selama membela pantai timur AS pada invasi Rusia. Karakter dalam Call of Duty 4, Sgt. "Soap" MacTavish, kembali sebagai karakter non-playable untuk sebagian besar permainan, tetapi sekali lagi dia menjadi karakter pemain di misi terakhir. Dalam 5 tahun sejak Call of Duty 4, dia telah dipromosikan menjadi kapten dalam Special Air Service. dan memerintah sebagian besar Satuan Tugas operasi.

Pertama dan terpenting adalah sensasi single-playernya. Anda akan segera merasakan improvisasi gameplay ketika anda dilemparkan ke jalan-jalan yang ramai Rio de Janeiro's favela, es-capped pegunungan di Kazakhstan, jalan-jalan berdebu Afghanistan, dan tempat-tempat lainnya yang tak terduga. Dengan perjalanan anda di dalam game ini, anda bakal menemukan cerita yang berkembang kompleks dan penuh dengan konspirasi. Semakin dewasa dan bakal membuat kamu penasaran dengan akhir sekaligus indikasi kelanjutannya. Game ini tetap menyajikan gameplay Campaign mode-nya dengan penuh aksi kesan. Misi yang bervariasi dan memberikan anda aksi-aksi yang cukup membuat kamu merasakan seperti apakah peperangan itu, dimana hal ini merupakan ciri khas dari Call Of Duty 4 sebelumnya. Hanya saja di COD : Modern Warfare 2 ini, lebih banyak improvisasi seperti harus menaiki tebing es, merangkak perlahan-perlahan pada saat sekarat untuk mengambil pistol. atau aksi kejar-kejaran di snowmobile. Ceritanya sendiri dibawakan begitu cinematic. Tentunya kalian masih ingat ketika di buat tercengang dengan intro Call Of Duty 4 dimana kita dibawa keliling kota dalam sebuah mobil, atau pada saat menolong seorang teman ketika terjatuh dari helikopter. Di Modern Warfare 2 ini begitu banyak adegan-adegan cinematic dan dramatical, yang membuat adrenaline kita bertambah naik.

Misi-misi di game inipun kembali dibawakan dengan kesan yang tampaknya akan membuat kita selalu terbayang-bayang. Seperti salah satu misi sebagai Roach, bersama dengan Captain MacTavish, mendaki pegunungan es di Rusia yang disajikan dengan cukup dramatisasi lalu menyusup, membuat kekacauan di markas musuh, dan diakhiri dengan melarikan diri menggunakan sebuah snowmobile. Seringkali juga kita harus melakukan breach dan membabat musuh sekaligus menyelamatkan sandera dalam adegan slow motion (bullet-time). Ada kalanya juga anda kembali beraksi dari atas helikopter sebelum menyerbu suatu tempat untuk menyelamatkan salah seorang teman. Beberapa misi memang tampaknya seperti mengulang-ulang dari sebelumnya hanya saja dikemas dengan yang lebih baru dan unik. Dan masih banyak lagi adegan-adegan seru dalam single player ini.

Seperti khas Call Of Duty, selama peperangan kita tidak sendiri, selalu ada pasukan-pasukan yang menemani, dengan AI yang lebih baik dari sebelumnya. AI dari teman-teman anda terhitung cukup baik dan memang berguna untuk mendukung anda dalam menyingkirkan pasukan musuh. Sama halnya dengan AI musuh-musuh anda. Mereka cukup aktif melawan selama anda menghujani mereka dengan peluru. Mereka bisa berpindah tempat dan bahkan melakukan flanking seperti yang biasanya anda lakukan dengan tim. Satu hal yang cukup berpengaruh pada kali ini adalah pasukan musuh yang anda hadapi ada habisnya. Berbeda dari sebelumnya yang muncul secara terus-menerus menunggu anda untuk maju terlebih dahulu.

Persenjataan di Modern Warfare 2 sama seperti sebelumnya, anda cukup banyak diberi pilihan senjata yang cukup realistis. Carbine, SMG, rocket launcher, grenade launcher, rifle yang ditambah thermal sensor, dan sejumlah variasi senjata modern lainnya. Jika kita pernah menggunakan senjata special Javelin di Call Of Duty 4, di Modern Warfare 2 kita juga dapat menggunakan predator drone, dimana kita bisa mengendalikan misil yang dijatuhkan dari UAV. Senjata ini cukup berguna karena sekali launch mampu membunuh 1-2 squad per area, dan membuat game menjadi lebih mudah, tapi tidak sebegitu mudah karena delay time untuk reload cukup lama. Fitur baru persenjataan yang begitu mengesankan adalah, di Modern Warfare 2 kita bisa menggunakan Dual Pistol dan SMG (contoh: Dual D. Eagle atau Dual Uzi) sayangnya akurasi dari dual weapon ini jadi kacau karena kita tidak bisa aim down sight jadi harus dengan hip shot. Walau begitu damage menjadi jauh lebih besar. Lebih seru lagi di beberapa misi kita bisa menggunakan Shield yang cukup kebal terhadap peluru dan mampu membuat knockdown musuh dengan melee attacknya.


Multiplayer

Untuk Multiplayer sendiri infinity ward meng-implementasikan IWNet melalui Steam, dimana kita diharuskan memiliki acount steam dan connect ke Steam. Ini sempat menjadi kecaman oleh para gamer-gamer lain dimana sudah tidak ada lagi Dedicated Server seperti Call Of Duty 4 sebelumnya. Multiplayer online Modern Warfare 2 mempertahankan pengalaman yang sama Unlockable poin dan sistem reward dari Call of Duty 4 : Modern Warfare, dengan modus permainan yang mencakup Free-for-all, Search & Destroy, Demolition, Dominasi, Team Deathmatch, dan Capture The Flag. Akan tetapi, Modern Warfare 2 memperkenalkan beberapa fitur baru. Selain dari senjata baru, equipment, dan Perk yang sekarang dapat ditingkatkan menjadi Pro Version. Perbedaan yg cukup signifikan adalah dimana kita bisa mencustomize sendiri Streak Reward. Terdapat 15 Jenis streak, di antaranya adalah kemampuan untuk menerima Supply Drop setelah mencapai 4 kill streak, menggunakan predator drone setelah 5 kill streak, dan memanggil pesawat tempur AC-130 setelah 11 kill streak. Selain itu pula, ada juga pilihan third person yang dapat digunakan dalam jenis permainan tertentu untuk multiplayer. Multiplayer mode ini sendiri dibatasi hanya 18 pemain (9vs9), berbeda dengan Call Of Duty 4 yang mampu menampung 50 pemain dalam 1 map.


Special Ops

Mode Special Ops ini cukup memberikan kejutan tersendiri bagi gamers. Mode gameplay ini semacam challenge mode. Sangat addictive dan menyenangkan untuk kita mengulangnya kembali. Spec Ops dibagi ke dalam 5 group yang berbeda : Alpha, Bravo, Charlie, Delta dan Echo. Setiap misi dapat kita mainkan dengan 3 tingkat kesulitan. Setiap menyelesaikan sebuah misi, anda akan mendapatkan stars. Semakin tinggi tingkat kesulitan semakin banyak stars yang kita dapat.(1 stars untuk regular, 2 untuk hardenend dan 3 untuk veteran). stars point ini digunakan untuk mengunlock misi-misi berikutnya, dimana dibutuhkan 69 bintang untuk mengunlock total dari 23 misi. Misi pada Special Ops ini diambil dari lokasi-lokasi yang bervariasi dari campaign mode, tapi tidak berhubungan dengan cerita utama tentunya. Dimana terdapat objective tertentu untuk setiap misinya. Spec Ops dapat dimainkan solo maupun berdua dengan teman kita. Jika kita bermain berdua, ada beberapa scenario seperti balapan dengan snowmobile, atau salah satu pemain menggunakan pesawat AC130 sementara pemain yang lain bermain di daratan untuk mengeliminasi sejumlah musuh atau mengcapture daerah. Cukup mengesankan dan membuat ketagihan untuk mengulang kembali.


Graphic

Dalam hal visual, Modern Warfare 2 jelas memiliki kualitas grafis di atas Call of Duty 4 dan World at War. Dengan penekanan kuat pada lingkungan yang komplex, efek cuaca, object yang dapat dirusak, efek ledakan dan kerusakan yang diakibatkan dari tembakan pun sangat mengesankan. Modern Warfare 2 menggunakan Engine IW 4.0, mampu menghasilkan sesuatu yang lebih maksimal lagi dari sebelumnya. Detail yang lebih jelas semakin terkesan menghidupkan berbagai variasi environment yang ada, mulai dari suasana markas para tentara AS yang tampak realistis dengan segala aktivitas, environment perkotaan Rio de Janeiro yang tampak padat dengan bangunan-bangunan dan sejumlah tempat lainnya. Kompleksitas dapat anda temukan menghiasi sepanjang permainan dalam game ini dengan detail pada efek yang menambah realisasi di dalamnya. Anda akan merasakan hidupnya suasana AS yang mencekam dalam kekacauan pada saat Gedung Putih tengah di ambang kehancuran pada misi Second Sun. Secara keseluruhan, peningkatan grafis terasa cukup jelas terlihat dari prekuel ke sekuel kali ini. Yang paling terlihat adalah pada saat kita tertembak. Cipratan darah yang cukup pekat seperti darah sesungguhan yang mengalir, membuat anda sulit melihat dan mengganggu anda untuk menghindari tembakan yang lain. Namun hal ini membuat game ini tampak lebih realistis.

Sound

Sound dalam Modern Warfare 2 cukup mengesankan dibanding sebelumnya. Ada banyak sound efek seperti suara senjata yang direkam ulang untuk mendapatkan hasil suara yang lebih mirip aslinya. Selain itu percakapan di sepanjang jalan terhitung cukup responsif tergantung situasi dan posisi anda, bahkan kadang-kadang kita dibuat tertawa dengan celetukan team mate kita. Hampir mirip dengan sebelumnya, tapi kali ini para voice actor Modern Warfare 2 terkesan memberikan keterlibatannya untuk bisa menghidupkan suasana yang cukup mendalam. Sound efek ledakan, pesawat, helikopter dikemas agar terdengar lebih hidup ditambah dengan racikan musik oleh Hans Zimmer, seakan-akan Modern Warfare 2 merupakan sebuah film action.

Minimun Requirements:
OS: Microsoft Windows XP or Windows Vista
Processor: Intel Pentium 4 3.2 GHz or AMD Athlon 64 3200 + processor or better supported
Memory: 1 GB RAM
Graphics: 256 MB NVIDIA GeForce 6600GT or better or ATI Radeon 1600XT or better
DirectX ®: Microsoft DirectX (R) 9.0c
Hard Drive: 12GB of free hard drive space
Sound: 100% DirectX 9.0c compatible sound card
Internet: Broadband connection and service required for Multiplayer Connectivity. Internet Connection required for activation. Co-op/Multiplayer Hosting: To host Co-op or MP matches, a 2Ghz dual-core or better processor is recommended.

Screenshot 










2 komentar: