Multimedia merupakan pengolahan data berupa teks, gambar, audio, video atau animasi yang bekerja secara elektronis dan otomatis. Unsur-unsur utama sistem perangkat keras multimedia antara lain adalah unit masukan (input device), unit keluaran (output device), storage (penyimpanan), dan centar processing unit (CPU). Berikut pembahasan satu-satu unsur utama tersebut secara detail.
1. Unit Masukan (Input Device)
Fungsinya :
- Tempat memasukkan data dan program yang akan diproses.
- Menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal komputer multimedia.
- Mengirim data yang sudah berbentuk bit-bit ke dalam storage (media penyimpanan).
Untuk memasukkan data ke dalam komputer multimedia dilakukan dengan :
- Keyboard
Bentuk dasar keyboard :
- Alphanumeric keyboard.
- Special-function keyboard.
- Alat Penuntuk (Pointing Device)
Terdiri dari :
- Mouse (ball, optik, wireless).
- Joystick (biasanya untuk game).
- Trackball (serupa dengan mouse, tapi dibagian atas).
- Trackpad (serupa dengan trackball, tapi tidak menggunakan bola melainkan pad).
- Trackpoint (fungsinya menyerupai joystick, tapi dioperasikan dengan ujung jari).
- Touchscreen (alat yang memungkinkan memasukkan data dengan menyentuh satu lokasi di layar dengan menggunakan jari atau obyek khusus yang telah disediakan).
- Light pen (alat seperti pena yang digunakan untuk menunjuk pada layar seperti cara jari menunjuk layar sentuh). Hanya dipakai pada Computer Aided Design / CAD dan Computer Aided Manufacturing / CAM.
- Digitizing tablet (alat input multimedia yang memungkinkan untuk memasukkan gambar dan sketsa ke komputer multimedia.
- Unit Remote Control (alat yang serupa dengan remote control pada TV).
- Alat Input Otomatisasi Data
- Membantu mempercepat input data ke dalam komputer multimedia.
- Terdiri dari teknologi pembacaan optik dan magnetik.
- Alat Pembaca Optik
- Scanner (alat yang membaca data dengan menyinari dengan sinar terang di atas data, kemudian menangkap teks, citra atau gambar yang terpantul pada suatu matriks sel-sel fotoelektrik.
- Alat Pembaca Magnetik
- Magnetic Ink Character Recognation / MICR (alat yang dapat membaca huruf-huruf yang ditulis dengan tinta magnetis, baik itu tulisan manusia maupun tulisan mesin).
- Alat Input Pengenal Suara
- Dapat menganalisis pola suara dan mengubahnya menjadi bentuk-bentuk digital untuk diproses.
- Terdiri dari 2 jenis, yaitu :
- Speaker dependent system (hanya mengenali satu suara saja).
- Speaker independent system (dapat mengenali semua pemakai yang berbicara dalam bahasa apapun asalkan proses pembuatan model suaranya telah dilakukan).
- Kamera Digital
- Kamera yang dapat merekam citra secara digital.
- Camcorder
- Perekam elektronik yang portable, yang mempunyai kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dapat dimainkan di Video Cassete Recorder (VCR), TV, dan komputer.
- Terdiri dari kamera dan recorder.
- Disebut juga video recorder.
- Snappy
- Snappy Video Napshot adalah suatu modul penangkap gambar yang menghubungkan paralel port bagian desktop atau laptop.
- Kamera Web (Web Cam)
- Kamera yang dirancang penggunaannya pada web.
- Dapat ditempatkan dimana saja dan dapat mentransmisikan video ke TV, VCR, atau PC.
2. Unit Keluaran (Output Device)
Fungsi :
- Tempat keluarnya hasil proses.
- Menerjemahkan bit-bit ke dalam kode yang dikenal media output.
Pada komputer multimedia, unit output dapat berbentuk tampilan, cetakan, grafik, suara, video, dan animasi.
- Alat Output Tampilan
- Yang banyak digunakan adalah monitor atau Visual Display Unit (VDU) atau Cathode Ray Tube (CRT) atau layar tampilan (Display Screen).
- Alat Output Cetakan
- Printer (menghasilkan output salinan kertas).
- Plotter (menghasilkan suatu gambar grafik).
- Alat Output Grafik Presentasi
- Terdiri dari dua kategori, yaitu LCD Panel dan LCD Projector.
- LCD Panel ukurannya sebesar notebook yang digunakan untuk overhead projector. Cahaya dari overhead melewati LCD Panel dan bayangan ditampilkan pada layar.
- LCD Projector digunakan dengan lensa yang ada didalamnya dan sumber cahaya untuk memproyeksikan bayangan ke layar.
- Alat Output Suara
- Ada dua tipe, yaitu voice response dan unit speech synthesis.
- Voice response digunakan untuk reproduksi suara manusia dan suara lainnya. Hasil output berupa rekaman kata, frase, musik, alarm, atau sesuatu yang dapat direkam dengan pita audio.
- Unit speech synthesis melakukan konversi dari data mentah ke elektronik sehingga menghasilkan suara yang dikenal dalam lingkungan mikro-komputer.
3. Penyimpanan (Storage)
- Penyimpanan Internal
- Penyimpanan yang berhubungan langsung dengan CPU.
- Terdiri dari RAM, ROM, CMOS, Flash memory, Cache memory, dll.
- Penyimpanan Eksternal
- Penyimpanan yang tidak berhubungan langsung dengan CPU.
- Terdiri dari sequential storage dan random/direct access storage.
4. Central Processing Unit (CPU)
- Merupakan pusat kendali sistem komputer.
- Merupakan penghubung antar input device dan output device.
- Memberikan address data dan program.
- Memasukkan dan mengambil data.
- Memproses data secara aritmatik dan logik.
- Melaksanakan instruksi-instruksi secara berturut-turut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar