2/24/2011

Perangkat Keras Multimedia

Multimedia merupakan pengolahan data berupa teks, gambar, audio, video atau animasi yang bekerja secara elektronis dan otomatis. Unsur-unsur utama sistem perangkat keras multimedia antara lain adalah unit masukan (input device), unit keluaran (output device), storage (penyimpanan), dan centar processing unit (CPU). Berikut pembahasan satu-satu unsur utama tersebut secara detail.

1. Unit Masukan (Input Device)
      Fungsinya :
  • Tempat memasukkan data dan program yang akan diproses.
  • Menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal komputer multimedia.
  • Mengirim data yang sudah berbentuk bit-bit ke dalam storage (media penyimpanan).
    Untuk memasukkan data ke dalam komputer multimedia dilakukan dengan :
    • Keyboard
                    Bentuk dasar keyboard :
      • Alphanumeric keyboard.
      • Special-function keyboard.
    • Alat Penuntuk (Pointing Device)
                    Terdiri dari :
      • Mouse (ball, optik, wireless).
      • Joystick (biasanya untuk game).
      • Trackball (serupa dengan mouse, tapi dibagian atas).
      • Trackpad (serupa dengan trackball, tapi tidak menggunakan bola melainkan pad).
      • Trackpoint (fungsinya menyerupai joystick, tapi dioperasikan dengan ujung jari).
      • Touchscreen (alat yang memungkinkan memasukkan data dengan menyentuh satu lokasi di layar dengan menggunakan jari atau obyek khusus yang telah disediakan).
      • Light pen (alat seperti pena yang digunakan untuk menunjuk pada layar seperti cara jari menunjuk layar sentuh). Hanya dipakai pada Computer Aided Design / CAD dan Computer Aided Manufacturing / CAM.
      • Digitizing tablet (alat input multimedia yang memungkinkan untuk memasukkan gambar dan sketsa ke komputer multimedia.
      • Unit Remote Control (alat yang serupa dengan remote control pada TV).
    • Alat Input Otomatisasi Data
      • Membantu mempercepat input data ke dalam komputer multimedia.
      • Terdiri dari teknologi pembacaan optik dan magnetik.
    • Alat Pembaca Optik
      • Scanner (alat yang membaca data dengan menyinari dengan sinar terang di atas data, kemudian menangkap teks, citra atau gambar yang terpantul pada suatu matriks sel-sel fotoelektrik.
    • Alat Pembaca Magnetik
      • Magnetic Ink Character Recognation / MICR (alat yang dapat membaca huruf-huruf yang ditulis dengan tinta magnetis, baik itu tulisan manusia maupun tulisan mesin).
    • Alat Input Pengenal Suara
      • Dapat menganalisis pola suara dan mengubahnya menjadi bentuk-bentuk digital untuk diproses.
      • Terdiri dari 2 jenis, yaitu :
        • Speaker dependent system (hanya mengenali satu suara saja).
        • Speaker independent system (dapat mengenali semua pemakai yang berbicara dalam bahasa apapun asalkan proses pembuatan model suaranya telah dilakukan).
    • Kamera Digital
      • Kamera yang dapat merekam citra secara digital.
    • Camcorder
      • Perekam elektronik yang portable, yang mempunyai kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dapat dimainkan di Video Cassete Recorder (VCR), TV, dan komputer.
      • Terdiri dari kamera dan recorder.
      • Disebut juga video recorder.
    •  Snappy
      • Snappy Video Napshot adalah suatu modul penangkap gambar yang menghubungkan paralel port bagian desktop atau laptop.
    • Kamera Web (Web Cam)
      • Kamera yang dirancang penggunaannya pada web.
      • Dapat ditempatkan dimana saja dan dapat mentransmisikan video ke TV, VCR, atau PC.

2. Unit Keluaran (Output Device)
      Fungsi :
  • Tempat keluarnya hasil proses.
  • Menerjemahkan bit-bit ke dalam kode yang dikenal media output.
    Pada komputer multimedia, unit output dapat berbentuk tampilan, cetakan, grafik, suara, video, dan animasi.
    • Alat Output Tampilan
      • Yang banyak digunakan adalah monitor atau Visual Display Unit (VDU) atau Cathode Ray Tube (CRT) atau layar tampilan (Display Screen).
    • Alat Output Cetakan
      • Printer (menghasilkan output salinan kertas).
      • Plotter (menghasilkan suatu gambar grafik).
    • Alat Output Grafik Presentasi
      • Terdiri dari dua kategori, yaitu LCD Panel dan LCD Projector.
      • LCD Panel ukurannya sebesar notebook yang digunakan untuk overhead projector. Cahaya dari overhead melewati LCD Panel dan bayangan ditampilkan pada layar.
      • LCD Projector digunakan dengan lensa yang ada didalamnya dan sumber cahaya untuk memproyeksikan bayangan ke layar.
    • Alat Output Suara
      • Ada dua tipe, yaitu voice response dan unit speech synthesis.
      • Voice response digunakan untuk reproduksi suara manusia dan suara lainnya. Hasil output berupa rekaman kata, frase, musik, alarm, atau sesuatu yang dapat direkam dengan pita audio.
      • Unit speech synthesis melakukan konversi dari data mentah ke elektronik sehingga menghasilkan suara yang dikenal dalam lingkungan mikro-komputer.

3. Penyimpanan (Storage)
  • Penyimpanan Internal
    • Penyimpanan yang berhubungan langsung dengan CPU.
    • Terdiri dari RAM, ROM, CMOS, Flash memory, Cache memory, dll.
  • Penyimpanan Eksternal
    • Penyimpanan yang tidak berhubungan langsung dengan CPU.
    • Terdiri dari sequential storage dan random/direct access storage.

4. Central Processing Unit (CPU)
  • Merupakan pusat kendali sistem komputer.
  • Merupakan penghubung antar input device dan output device.
  • Memberikan address data dan program.
  • Memasukkan dan mengambil data.
  • Memproses data secara aritmatik dan logik.
  • Melaksanakan instruksi-instruksi secara berturut-turut.
 Sekian dan terima kasih. Share the one world now !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar