4/27/2011

Foursquare

Apa itu Foursquare? Foursquare adalah aplikasi handphone yang me- mungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teman mereka dan secara langsung memberi tahu letak / posisi anda saat itu (dengan check-in di lokasi yang sudah ada atau anda dapat membuat sendiri lokasinya). Biasanya lokasi itu berupa suatu tempat yang biasa orang kunjungi, seperti mall, tempat kuliner, dll. Pada saat anda melakukan check-in, maka anda akan diberikan poin. Poin juga bisa didapat dengan menambah lokasi baru yang belum ada / belum tersedia di situs web Foursquare. Foursquare bisa digunakan secara optimal pada handphone yang sudah mendukung layanan GPS, seperti iPhone, Android, Blackberry, Palm Pre, Nokia (merk tertentu). Apabila handphone anda tidak mendukung layanan itu, anda juga tetap dapat menggunakan aplikasi mobile web dengan mengakses ke m.foursquare.com. Tetapi layanan mobile web ini mempunyai kekurangan, anda tidak bisa menjadi mayor dari sebuah lokasi tetapi anda tetap akan mendapat badge. Mayor? Badge? Apa itu? Mari kita lanjutkan.

Mayor adalah sebuah pangkat yang akan diberikan apabila anda telah check-in di satu lokasi dengan intensitas yang tinggi. Dan jika pengguna lain telah mengalahkan intensitas anda di lokasi tersebut maka dialah yang akan dinobatkan sebagai mayor baru. Dengan kata lain pangkat anda diambil (bahasa Foursquare'nya ousted). 

Sedangkan badge adalah imbalah atau hadiah yang diberikan untuk pengguna apabila ia melakukan check-in di tempat-tempat yang menarik. Badge biasanya mempunyai hubungan dengan lokasi yang bersangkutan (lokasi yang di-tag). Contoh beberapa badges :


Sekarang, Foursquare sudah bekerja sama dengan Facebook dan Twitter. Jadi jika pengguna check-in di sebuah lokasi maka otomatis akan terdapat pada akun Facebook dan Twitter. Seru juga kan untuk sekedar hiburan :D Sudah dulu kali ya. Sekian dan terima kasih. Share the one world now !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar