6/04/2011

Cloud Computing - Google Docs

Pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk membahas tentang aplikasi yang mendukung Cloud Computing, yaitu Google Docs. Sebelum saya bahas aplikasinya, ada baiknya kita bahas sedikit tentang Cloud Computing. Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (computing) dan pengembangan berbasis internet (cloud/awan). Cloud/awan adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Jadi, kurang lebih Cloud Computing itu adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client). Cukup jelas kan? Mari kita lanjutkan ke aplikasinya. Berangkat . . .

Ada yang pernah denger Google Docs? Ya Google Docs (Documents) merupakan layanan google yang memperbolehkan pengguna membuat dokumen, data tabel, presentasi, formulir, maupun gambar secara online. Untuk mencobanya, silahkan akses docs.google.com (anda harus memiliki akun email dari Gmail).

Jika anda biasa menggunakan Microsoft Office atau Office.org, Google Docs tidak akan asing di mata anda. Karena tampilannya mirip dengan Microsoft Word, Excel, atau Powerpoint. Asalkan terkoneksi dengan internet, layanan ini memungkinkan kita untuk mengedit dan berbagi dokumen bersama-sama dengan sahabat, keluarga, ataupun rekan kerja dimana pun dan kapan pun.

Jenis Dokumen di Google Docs.

Saat ini, Google Docs menyediakan jenis dokumen : 
  • Document (pengolah kata seperti Ms.Word),  
  • Presentation (pembuat presentasi seperti Ms.PowerPoint), 
  • Spreadsheet (pengolah angka dan data dalam baris dan kolom seperti Ms.Excel),  
  • Form (formulir online), dan 
  • Drawing (pembuat gambar seperti Paint). 
Selain bisa di-edit dan disimpan, semua jenis dokumen tersebut bisa diunduh dengan berbagai pilihan format.

Visibilitas Bisa Diatur.

Dokumen yang ada di Google Docs tidak akan terlihat oleh orang lain selama kita tidak mengubah visibilitasnya menjadi Public on the web. Bahkan kita bisa men-setting sebuah dokumen agar hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu dengan tautan khusus. Ketika kita sedang melihat atau mengedit dokumen tertentu, kita pun bisa melihat siapa saja yang sedang membuka dokumen tersebut.

Cocok Untuk Teamwork atau Perusahaan.

Bayangkan jika kita memiliki sebuah organisasi atau perusahaan di mana personelnya tersebar di beberapa kota yang jauh namun harus bekerja bersama menggunakan dokumen-dokumen seperti di atas. Google Docs bisa menjadi solusi yang menakjubkan, di mana anda dan rekan-rekan bisa berkolaborasi untuk mengedit dan memperbaharui sebuah dokumen kapan pun dan dari mana pun.

Atau bayangkan misalnya anda memiliki klien atau pelanggan yang tersebar di beberapa kota baik di dalam maupun di luar negeri. Dan secara pribadi anda ingin mengirimkan price list yang bersifat read-only kepada mereka. Google Docs bisa memudahkan pekerjaan anda.

Dengan mengatur waktu pada akun Google Docs kita, perubahan dan pembaruan pada dokumen-dokomen yang dikelola bersama bisa dilakukan secara real-time (waktu nyata).

Mungkin segitu saja dengan Google Docs'nya. Mudah-mudahan cukup jelas ya. Sekian dan terima kasih. Share the one world now !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar